Yuk Coba Gaya Hidup Minimalis di Era New Normal

Memahami Istilah Dividen, Stock Split dan Reverse Stock di Dunia Pasar Modal
October 25, 2020
Cara Mendapatkan Income dari TikTok di Tahun 2020 Ala Griyausaha
November 15, 2020

Yuk Coba Gaya Hidup Minimalis di Era New Normal

Hello guys, selamat datang kembali ke blog ku Griyausaha, kali ini saya akan membahas hal tentang gaya hidup minimalis. Gaya hidup minimalis ini dibahas pada koran Bisnis Indonesia edisi weekend Minggu, 15 November 2020. Bisnis Indonesia sendiri merilis artikel tersebut ke dalam situs mereka, namun untuk membacanya kamu perlu berlangganan untuk koran digital mereka terlebih dahulu.

Nah kebetulan saya tertarik membahas ini karena belakangan di era pandemi ini, gaya hidup sederhana (minimalis) sangat diperlukan supaya kita bisa survive secara ekonomi dan mental. Hidup yang sangat kompleks terkait urusan finansial dimana belakangan sering terdengar masalah berkurangnya pendapatan, workload pekerjaan yang bertambah, suasana bekerja di rumah yang tidak nyaman hingga ancaman virus Covid-19 benar-benar membuat beban bertambah.

Namun daripada larut dalam masalah-masalah tersebut, ada baiknya kita mencari solusi dari hal tersebut. Salah satu yang disarankan oleh Minimalist Community Indonesia adalah merubah gaya hidup menjadi lebih sederhana (minimalis).

Minimalis sendiri jangan diartikan secara salah, dimana ada asumsi minimalis itu tidak melakukan pembelanjaan, atau melepaskan keterikatan dengan barang mahal. Yah memang itu salah satu pola untuk bisa hidup sederhana namun melakukan hal-hal tersebut tidak berarti kamu tidak bisa menikmati hidup. Minimalis sendiri lebih diartikan sebagai sadar diri dengan kapasitas keuangan yang dimiliki.

Jika seseorang sadar diri dengan kemampuan keuangan sendiri maka dia akan lebih peka untuk memilih mana yang lebih diprioritaskan apakah kebutuhan atau keinginan. Pembelian barang sesuai kebutuhan merupakan langkah pertama dalam memulai gaya hidup sederhana. Apabila kamu bisa melakukan gaya hidup minimalis, maka ada potensi seseorang bisa menabung ekstra 30% dari income yang bisa digunakan untuk dana darurat atau tabungan hari tua. Selain itu, pembelian barang sesuai kebutuhan juga harus diikuti dengan kejelian dalam memanfaatkan segala diskon yang ada agar gaya hidup minimalis menjadi lebih maksimal efeknya.

Gaya Hidup Minimalis Sebagai Gaya Hidup New Normal

Ada beberapa cara agar bisa memaksimalkan gaya hidup minimalis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Peduli Dengan Diri Sendiri dan Peka Dengan Kesehatan
Hal paling penting adalah dimulai dari diri sendiri, dimana cara termudah adalah sadar diri dengan mempersiapkan segala sesuatu yang tidak merugikan diri sendiri. Misalnya, makan makanan yang sehat, hindari merokok, selalu memiliki dana di kartu flash untuk berjaga, hingga membersihkan diri ketika usai beraktivitas.

2.Tahu Dengan Prioritas
Manfaatkan secara maksimal waktu yang ada dan membuat prioritas terkait kebutuhan dan keinginan. Jika kamu mengerjakan segala sesuatu yang lebih kamu butuhkan, kamu akan tidur lebih puas karena sudah melakukan yang terbaik dengan mengutamakan prioritas terpenting bagi hidup kamu.

3.Bekerja Efektif dan Efisien
Bekerja efektif artinya tidak menunda-nunda pekerjaan (procrastination) yang membuat kamu tidak produktif. Kemudian soal efisiensi, maksimalkan segala waktu rapat agar bisa segera bekerja kembali dan tidak ada waktu yang tersia-siakan.

4.Jujur Kepada Diri
Terkadang kita harus bersikap kritis, bertanya seberapa besar kapasitas diri kita, dan evaluasi barang apa saja yang dibutuhkan namun sesuai dengan budget kita.

5. Mencatat Kebutuhan Pengeluaran
Griyausaha pernah membahas tentang pentingnya mencatat pengeluaran di artikel tentang Kakeibo. Segala pengeluaran yang sifatnya memang dibutuhkan dicatat kemudian kamu bisa memilah mana yang lebih penting agar kamu bisa mengatur budget belanja kamu.

Nah kalau kamu sudah bisa melakukan hal-hal di atas, maka gaya hidup minimalis bisa menjadi habit positif yang membantu kamu hidup lebih ikhlas. Ingatlah, hidup minimalis itu bukan hidup menderita dan tidak bersenang-senang namun menikmati hidup dengan segala rasa syukur dan lebih tenang. Lagipula, semua agama dan budaya juga mengajarkan kalau kesederhanaan merupakan cara supaya bisa hidup lebih dekat dengan Tuhan yang Maha Esa. Jadi yuk mari hidup dengan gaya minimalis!!.

Bambang
Bambang
Seorang penulis yang memiliki passion di bidang investasi, usaha dan keuangan. Bercita-cita tinggi, namun suka menunda. Salam kenal, para investor dan pengusaha se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.