Cara Mendapatkan Income dari TikTok di Tahun 2020 Ala Griyausaha

Yuk Coba Gaya Hidup Minimalis di Era New Normal
November 15, 2020
Inilah Beberapa Media Online yang Membahas Investasi di Indonesia
December 5, 2020

Cara Mendapatkan Income dari TikTok di Tahun 2020 Ala Griyausaha

Tiktok menjadi aplikasi berbasis video pendek yang paling populer di tahun 2020. Aplikasi video sharing dari developer China, ByteDance ini dirilis pada tahun 2017 dan kini menjelma menjadi aplikasi raksasa dengan catatan 2 Miliar Download per Oktober 2020. Para user yang kebanyakan generasi milenial ini bisa loh mendapatkan potensi penghasilan dari Tiktok dimana kamu bisa menambah penghasilan hingga bisa sebeken Bowo Alpenlieble, Sandy Saputra hingga Cimoy Montok.

Namun hampir sama seperti aplikasi media sosial lain dimana tingkat kepopuleran kamu diukur dari jumlah follower, maka kamu bisa memanfaatkan Tiktok sebagai sumber penghasilan tambahan kamu apabila kamu memang kreatif dalam memanfaatkan aplikasi ini.

Addison Rae Easterling

Sebagai informasi, Forbes sempat merilis nama Addison Rae Easterling yang menjadi figur dengan penghasilan terbesar di Tiktok dimana perkiraan income dia mencapai USD 5 juta (sekitar Rp. 70 Miliar). Dia sendiri kini menjadi akun dengan follower terbesar kedua dengan 65 juta follower di bawah akun Charlie D’Amelio dengan angka 98,5 juta follower per November 2020.

Ada beberapa peluang menghasilkan peluang dari Tiktok yang bisa kamu pelajari dan dapatkan, Griyausaha akan membagikan beberapa cara menghasilkan uang dari Tiktok di bawah ini.

1.Jual Beli Akun Tiktok
Salah satu cara sederhana menghasilkan pendapatan adalah membuat akun kemudian mengembangkan akun tersebut agar memiliki follower besar kemudian menjualnya. Akun yang bisa dimanfaatkan adalah akun yang memiliki konten dengan segmen market tertentu, katakanlah ketertarikan di bidang makeup, gaming ataupun olahraga.

2. Menjadi Seorang Influencer atau Content Creator
Hampir sama dengan media sosial lainnya, kamu bisa menjadi seorang influencer atau content creator dengan mengiklankan produk dari orang lain untuk diceritakan kepada para follower kamu. Berbagai ide kreatif bisa kamu lakukan agar merk atau produk orang lain itu bisa sampai ke para follower kamu.

3. Menjual Brand Milik Sendiri
Apabila kamu sudah populer dan memiliki business line lain yang juga berpotensi. Tidak ada salahnya kamu memasarkan produk atau brand kamu sendiri via Tiktok. Addison Rae Easterling juga melakukan itu dengan meluncurkan brand produk kecantikan dia sendiri.

4. Menjadi Seniman/Artis
Tiktok merupakan aplikasi yang sangat mendukung bakat seni seseorang dari menari hingga menyanyi, jika kamu bertalenta dan berbakat maka Tiktok bisa membuka jalan bagi kamu ke panggung yang lebih besar dengan potensi penghasilan yang lebih besar. Contoh paling baru adalah ketika ada pria ganteng yang dijuluki om ganteng, Marlon Abraham dimana dia mendapat kesempatan muncul di TV karena kepopuleran dia di Tiktok.

5. Memanfaatkan Tiktok Ads dan Donasi
Tiktok sendiri sudah memikirkan cara memberikan pemasukan bagi para user-usernya melalui skema monetisasi in-apps (dalam aplikasi). Ada dua fitur dari Tiktok yang dibuat untuk membantu mereka untuk mendapatkan income.

Hal pertama adalah Tiktok Ads, dimana Tiktok akan menempatkan iklan sesuai dengan pilihan kamu. Nah bagi kamu yang memiliki brand atau produk untuk anak muda (generasi milenial), kamu bisa mendaftarkan diri kamu di Tiktok Ads dan coba beriklan di dalam Tiktok.

Hal kedua adalah meminta donasi dari para follower kamu. Tiktok memiliki fitur donasi dimana ketika kamu menonton idola kamu di Tiktok, kamu bisa memberikan donasi berupa koin kepada mereka. Nah koin ini bisa kamu beli dengan uang asli via kartu kredit ataupun metode pembayaran lainnya, koin ini bisa digunakan untuk donasi ke idola kamu. Idola kamu biasanya akan menggunakan koin untuk membeli diamond yang kemudian dicairkan ke akun Paypal kamu. Minimal penarikan perhari adalah USD 100 dan maksimal penarikan adalah USD 1.000.

6. Konsultan Media Sosial
Kalau yang ini, kamu bisa memanfaatkan segala pengetahuan kamu terkait Tiktok dengan menjadi konsultan Tiktok, yah kalau di Indonesia banyak kan layanan Social Media Marketing dimana Tiktok kini juga digunakan sebagai salah satu platform untuk pemasaran.

Konsultan Tiktok ini tugasnya adalah meningkatkan jumlah follower, membangun brand personal, membuat konten hingga strategi konten yang bisa diterima oleh para follower kamu.

Well, saat ini banyak orang yang menikmati keuntungan dengan menghasilkan pemasukan tambahan dari Tiktok. Jika kamu ingin mencoba, kamu boleh memilih salah satu dari beragam cara di atas dan mencoba peruntungan kamu di sana. Goodluck!!

Bambang
Bambang
Seorang penulis yang memiliki passion di bidang investasi, usaha dan keuangan. Bercita-cita tinggi, namun suka menunda. Salam kenal, para investor dan pengusaha se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.