Tiga Jenis Aset yang Harus Dimiliki Oleh Mereka yang Mau Kaya

Money Management ala Lee Ka Shing, Taipan Hong Kong
July 11, 2020
Cara Menjual 750 Pasang Sepatu Perhari Tanpa Online Ads dari Kedai Sepatu Jogja
July 18, 2020

Tiga Jenis Aset yang Harus Dimiliki Oleh Mereka yang Mau Kaya

Aset pada neraca keuangan pada sebuah laporan keuangan terdiri dari aset lancar dan aset tetap, dimana sifat aset itu sendiri adalah bisa memberikan manfaat usaha di masa depan. Namun definisi aset untuk beberapa orang adalah sesuatu yang menghasilkan uang ke kantong kita salah satunya adalah Ryan Filbert.

Menurut salah satu praktisi investasi dan keuangan Indonesia, Ryan Filbert. Ada tiga kondisi aset yang ideal yaitu:

  1. Menghasilkan kenaikan harga ketika kita sedang tidur, dimana aset ini menghasilkan keuntungan dari Capital Gain.
  2. Menghasilkan keuntungan berulang (recurring income) ketika kita sedang tidur.
  3. Menghasilkan keuntungan dari gabungan keduanya baik dari Capital Gain ataupun Recurring Income dimana walaupun Anda tidur, harga aset Anda bisa naik namun juga bisa menghasilkan uang ke kantong.

Nah kira-kira aset ideal apa yah yang bisa menggambarkan kondisi-kondisi aset di atas? Mari kita berikan sedikit contoh ataupun gambaran dari kondisi aset di atas.

1.Aset Capital Gain
Aset ini memiliki nilai yang bisa terus naik, tetapi tidak menghasilkan pemasukan berulang. Contohnya adalah emas dan properti (tidak disewakan), maksudnya adalah nilai emas memang mungkin bisa naik begitu pula properti namun sayangnya tidak menghasilkan pemasukan rutin setiap tahun atau setiap bulan. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah ketika menjual kembali emas ataupun properti yang kamu miliki.

2. Aset Recurring Income
Aset ini memiliki sifat yang menghasilkan uang ke kantong tetapi tidak mengalami kenaikan harga. Contohnya adalah deposito dan obligasi, dimana sifatnya hanya menjadi pelindung nilai.

3. Aset Capital Gain & Recurring Income
Kalau jenis kondisi yang ketiga ini bisa mendapatkan keuntungan baik dari naiknya nilai aset ataupun keuntungan dari recurring income, yaitu Saham dan Properti yang disewakan. Ya Saham adalah kondisi aset yang ideal dimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari naiknya harga saham (Capital Gain) dan juga dari deviden yang dibagikan setiap tahunnya (Recurring Income).

Apabila Anda sudah mengetahui 3 kondisi aset di atas, tentukanlah yang paling cocok dengan gaya Anda dalam mengelola aset. Ketiganya sama baiknya dan wajar bagi Anda yang ingin kaya memiliki ketiga-tiganya. Namun jika ditanya yang paling mudah dimulai, tentu saja menjadi seorang investor saham.

Anda cukup membuka akun sekuritas, kemudian konsisten menabung secara rutin setiap bulan tanpa harus mengeluarkan uang besar secara sekaligus. Untuk lengkapnya, kamu bisa melihat sedikit ulasan dari Ryan Filbert pada video di bawah ini.

Bambang
Bambang
Seorang penulis yang memiliki passion di bidang investasi, usaha dan keuangan. Bercita-cita tinggi, namun suka menunda. Salam kenal, para investor dan pengusaha se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.