Strategi Mencari Produk Untuk Jualan Online

Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan dari Para Investor Saham
June 14, 2020
Siapa Colin Huang?? Founder Pinduduo Ini Melewati Kekayaan Jack Ma
June 28, 2020

Strategi Mencari Produk Untuk Jualan Online

Di masa-masa ekonomi sulit ini, beberapa orang berpikir untuk mencari tambahan dengan cara melakukan jualan online ataupun membuka online shop. Hal yang menjadi sebuah permasalahan adalah bagaimana mencari produk yang bisa laku kemudian mendapatkan hasil secara berkesinambungan dari produk tersebut.

Jika kamu tidak memiliki bakat memproduksi sesuatu seperti memasak makanan ataupun membuat kerajinan tangan, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah mencari produk murah di internet namun dibutuhkan oleh banyak orang di sekitar kamu kemudian menjualnya kembali di internet.

Penentuan produk merupakan hal yang penting, berbeda dengan mereka yang oportunistis dengan menjual segala macam barang di toko online mereka, maka bagi yang ingin serius mendulang profit dari online shop dalam jangka panjang, menentukan produk akan menjadi hal yang sangat penting.

Penentuan sebuah produk akan menjadi langkah awal untuk menentukan nama brand toko online kamu, nama website untuk jualan kamu jika kamu ingin membangun situs sendiri, teknik marketing kamu hingga pelanggan loyal kamu ke depannya.

Strategi Mencari Produk Untuk Jualan Online

GriyaUsaha akan coba membantu kamu yang sedang berpikir untuk memulai jualan online dalam mencari produk untuk dijual. Berikut ini adalah strategi-strategi yang bisa dilakukan dalam mencari produk untuk jualan online:


1.Cobalah dengan produk yang memiliki pasar spesifik (Niche Market)
Pasar yang spesifik (Niche Market) itu adalah produk yang dicari oleh konsumen tertentu dimana biasanya produk-produk ini juga memiliki permintaan yang tidak banyak. Alasan kamu memilih niche market adalah kamu membatasi pencarian produk kamu supaya lebih mudah dan membuat kamu lebih fokus dengan tujuan kamu. Selain itu, dari sisi konsumen biasanya konversi dari lihat-lihat saja menjadi pembelian produk lebih tinggi untuk produk niche.

Contoh: Toko online kamu khusus menjual aksesoris olahraga saja, mainan peliharaan (anjing atau kucing) saja, pakaian bayi saja, hingga lingerie saja tanpa menumpuk semua produk di satu toko online. Jika kamu sudah menentukan satu kategori, kamu akan lebih mudah untuk membuat konten ketika memasarkan produk kamu secara online serta pembelanjaan kamu mungkin menjadi tidak terlalu besar karena fokus kamu ke varian produk semakin menyempit.

2. Produk yang ingin kamu jual memberikan solusi
Sejatinya, semua produk memang memberikan solusi karena kalau tidak ada solusi, tidak akan ada orang yang membeli produk tersebut. Maksud dari poin ini adalah terkadang kita harus bisa menganalisa masalah di sekitar kita, misalkan ada keluhan teman kamu yang merasa kesulitan mencari pakaian untuk gym ataupun sepeda karena mahal-mahal, maka kamu bisa mencarikan solusi dengan menjual produk pakaian gym ataupun pakaian sepeda di toko online kamu dengan harga yang lebih murah.

Masalah-masalah orang di sekitar kita terkadang bisa menjadi inspirasi dan ide bisnis yang membuat kita bisa menjadi pemecah masalah atau solusi dari orang-orang tersebut.

3. Kamu memiliki rasa antusias dan semangat untuk mempelajari produk tersebut
Rasa antusiasme dan semangat sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah usaha. Apabila kamu memiliki antusiasme dalam melakukan apa yang kamu kerjakan, maka kamu akan terus memiliki semangat untuk melewati masa-masa sulit usaha kamu.

Adanya rasa antusias juga membuat kita lebih memperdalam informasi produk, varian produk dan bisa membuat kamu lebih kreatif dan percaya diri ketika memasarkan konten ataupun produk tersebut ke saluran pemasaran kamu entah melalui media sosial, blog ataupun video.

4. Analisalah apa yang menjadi tren baru di sekitar kamu
Adanya tren baru menandakan adanya permintaan di produk yang terkait dengan tren tersebut. GriyaUsaha kasih contoh ya, belakangan pandemi Covid-19 membuat orang lebih sadar dengan kesehatan dan gaya hidup bersih. Masyarakat yang keluar rumah selalu memakai masker dan lebih rajin berolahraga dengan aktivitas sepeda misalnya. Maka kamu bisa mencoba produk-produk jualan baru yang terkait contohnya: Masker kain handmade, Hand Sanitizer, dan aksesoris sepeda.

Melakukan analisa tren dapat menjadi langkah awal yang signifikan bagi sebuah usaha baru. Minimal kamu bisa saja menjadi market leader untuk sebuah produk sebelum orang lain menyadari akan hal itu.

5. Bacalah review terkait produk yang ingin kamu pasarkan
Sebelum memutuskan kamu ingin menjual produk tersebut di online shop kamu, bacalah dulu review terkait produk-produk tersebut di toko supplier ataupun toko kompetitor yang juga menjual produk tersebut, apakah lebih banyak keluhan atau kepuasan?

Berdasarkan review dari para pelanggan tersebut, kamu bisa memutuskan apakah kamu akan menjadi penjual produk tersebut, atau mundur dan mencari produk lain.

Well, GriyaUsaha sudah membagikan sedikit ide ataupun strategi bagi kamu untuk mencari produk jualan online, setelah mendapatkan produk yang kamu inginkan, uploadlah foto produk kamu ke toko online kamu kemudian pekerjaan rumah berikutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan strategi untuk mendatangkan traffic atau kunjungan ke toko online kamu nantinya. Nanti GriyaUsaha akan coba membahas strategi ini pada kesempatan lain. Jadi stay tune with us yah, guys!!

Bambang
Bambang
Seorang penulis yang memiliki passion di bidang investasi, usaha dan keuangan. Bercita-cita tinggi, namun suka menunda. Salam kenal, para investor dan pengusaha se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *