Pengalaman Gagal Berinvestasi Mesin Cetak Rp. 10 Miliar dari Rico Huang

Inilah Jenis Usaha Menguntungkan yang Bisa Dilakukan Di Rumah
June 20, 2021
Ilmu Keuangan Ini Seharusnya Dipelajari Sejak Bangku Sekolah
July 3, 2021

Pengalaman Gagal Berinvestasi Mesin Cetak Rp. 10 Miliar dari Rico Huang

Hello para pembaca GriyaUsaha, kali ini kita mau berbagi informasi sedikit mengenai pengalaman usaha dan pengalaman investasi dari seorang entrepreneur sekaligus Youtuber bernama Rico Huang. Sedikit informasi tentang Rico Huang, dia adalah pemilik dari Dropshipaja.com, sebuah situs platform reseller di Indonesia. Selain Dropship aja, Rico juga merupakan pemilik dari beberapa situs usaha Alona.co.id, Laperma.co.id, dan Amelia.id.

Rico Huang kelahiran tahun 1995 ini baru berusia 26 tahun, dia memiliki pengalaman bisnis yang sangat beragam dari pernah berjualan nasi uduk , hingga usaha kredit handphone dari SMA. Saat ini, dari segala kerja kerasnya, Rico sudah memiliki ratusan karyawan, ratusan ribu reseller, hingga 1 juta lebih member komunitas bisnis anak muda.

Rico Huang juga memiliki channel Youtube sendiri yang memberikan inspirasi berusaha dan entrepreneurship kepada para subscribernya. Nah salah satu video yang dibagikan olehnya adalah pengalaman gagal berinvestasi mesin cetak raksasa senilai Rp. 10 Miliar yang dilakukan olehnya.

Mesin cetak ini awalnya digunakan untuk mencetak foto dalam jumlah banyak dan digunakan untuk industri photobook. Mesin ini memang berkualitas bagus dan dibeli oleh Rico Huang langsung dari Singapura. Dia bahkan memutuskan untuk membeli mesin ini dengan seluruh tabungan yang dimilikinya. Sayangnya, mesin ini gagal membuat Rico Huang untung dan justru merugi karena beberapa hal.

Pelajaran dari video ini yang bisa penulis rangkum adalah memahami pasar yang bisa dimasuki, apakah ada market sizenya?selalu melakukan tes pasar melalui sampling terlebih dahulu? Tes pasar bisa dilakukan melalui data tidak mengandalkan feeling dan optimisme. Kegagalan adalah hal biasa bagi seorang entrepreneur, setelah melakukan kesalahan di mesin cetak ini, Rico merasa dapat pengalaman dan belajar dari kesalahan ini.

Daripada kamu semua penasaran, yuk mari kita nonton video di bawah ini yang dijelaskan oleh Rico Huang sendiri. Check it out guys..

Bambang
Bambang
Seorang penulis yang memiliki passion di bidang investasi, usaha dan keuangan. Bercita-cita tinggi, namun suka menunda. Salam kenal, para investor dan pengusaha se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.