Lakukanlah Ini Jika Kamu Menang Undian atau Warisan Besar

Yuk Atur Uang Kamu dengan Konsep 50-30-20
April 3, 2021
Calvin Hartono Membagi Kisah Gado Gado Boplo Bersama Christina Lie
June 1, 2021

Lakukanlah Ini Jika Kamu Menang Undian atau Warisan Besar

Taukah Anda banyak sekali orang di dunia ini yang mendapat uang kaget dalam jumlah besar namun pada akhirnya justru menjadi bangkrut dan hidup kesusahan. Mungkin kamu pernah mendengar cerita dari beberapa pemenang lotere yang nasibnya berubah 180 derajat setelah menang lotere, dimana mereka yang tadinya hidup wajar dan normal justru berakhir dengan kebangkrutan dan nasib buruk.

Contoh dari para pemenang lotere yang akhirnya jatuh dalam kesusahan adalah Bill Bob Harrel Jr yang memenangkan lotere senilai USD 31 juta (Sekitar IDR 450 Miliar). Dia adalah seorang pekerja Home Depot (Semacam toko perlengkapan) dan berhenti dari pekerjaannya pada 1997 ketika dia mendapatkan lotere senilai USD 31 juta. Sebenarnya, Harrell cukup banyak beramal dengan hadiahnya dimana dia menyumbangkan rumah untuk dirinya, keluarganya dan juga donasi ke gereja lokal sekitar. Namun banyak sekali yang tahu dia menang lotere dan terus meminta bantuan, sehingga dia terlihat kesulitan membantu yang lain. Belum lagi kecemburuan keluarga lain yang tidak mendapatkan sedikit bantuan dari Bill membuat dia sangat stres dan bercerai dengan istrinya.

Kemudian sekitar 2 tahun (kurang lebih 20 bulan) setelah dia resign, dia jatuh bangkrut dan bunuh diri. Sebelum bunuh diri dia mengatakan kepada Penasihat Keuangannya kalau menang lotere atau undian adalah hal terburuk yang pernah terjadi pada kehidupannya.

Mengapa Para Pemenang Lotere Jatuh Bangkrut?

Data penelitian yang pernah dilakukan oleh pakar ekonomi seperti Guido Imbens, Bruce Sacerdote dan ahli statistik Donald Rubin menyatakan kalau rata-rata orang di usia 20 hingga 40-an tahun yang diberi warisan atau hadiah dengan jumlah uang besar akan kembali kehilangan uang tersebut karena gaya hidup yang tinggi, boros dan salah investasi.

Penelitian lain adalah penelitian dari Pakar Ekonomi Jay L. Zagorsky. Dia menulis untuk US News and World Report: “Studi menemukan bahwa alih-alih membuat orang keluar dari masalah keuangan, memenangkan lotre malah membuat orang lebih bermasalah, karena tingkat kebangkrutan dari para pemenang lotere melonjak pada tiga sampai lima tahun setelah menang.”

Mereka juga menyatakan kalau sekitar 70% atau sekitar 1/3 orang yang menang lotere akan jatuh miskin kembali. Hal tersebut karena kurangnya edukasi akan keuangan dan menyebabkan mereka hanya tahu akan cara menghabiskan uang tanpa berpikir kalau uang tersebut bisa berubah menjadi sesuatu yang malah menyebabkan kehidupan mereka menjadi lebih buruk ketika tidak mampu mengelolanya.

Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi alasan terbesar mengapa para pemenang lotere atau warisan akan jatuh bangkrut:

1. Berhenti bekerja, hal inilah yang pertama kali dilakukan para pemenang hadiah lotere besar dimana mereka akan berhenti bekerja dan tidak memikirkan bagaimana cara menghasilkan pemasukan kembali.

2. Terlalu Banyak Salah Memberi, keluarga terdekat, orang sekitar akan menjadi vampir yang siap menghisap darah para pemenang lotere dengan keinginan-keinginan mereka. Bantulah yang sewajarnya tanpa memberikan uang kamu secara cuma-cuma, bukalah lapangan pekerjaan bila ingin membantu. Seperti pepatah lama, jika ingin membantu nelayan berikanlah kail dan pancingannya bukan ikannya.

3. Hidup Boros, yah hal inilah yang membuat mereka dengan literasi keuangan rendah akan lakukan. Mereka menaikkan gaya hidup mereka, hidup boros dengan membeli kapal, rumah mewah, mobil keren yang semuanya hanya akan menjadi liabilitas dan terkesan pamer. Jika sumber pemasukan pemenang lotere akan seperti itu secara rutin mungkin wajar saja, namun apabila hanya terjadi sekali seumur hidup maka percayalah uang tersebut akan habis sehingga harus dikelola sebaik mungkin.

Lalu apa yang sebaiknya harus dilakukan apabila kita menang undian atau lotere? Guys banyak sekali instrumen investasi yang bisa disarankan oleh para financial planner, dengan uang sebanyak itu, Anda bisa saja buka usaha, melakukan investasi di deposito, membeli asuransi, membeli properti, membeli emas, hingga membeli reksadana atau saham. Jika Anda tidak mengerti bagaimana membagi dan memecah investasi Anda maka bisa mencari financial planner untuk mengkonsultasikan hal tersebut.

Pada akhirnya, segala sesuatu dalam hidup semua tentang pilihan, dimana bagaimana kita bersikap dan kemauan untuk beradaptasi dan belajar akan membuat nasib berubah lebih baik. Ingatlah statistik di atas, hanya 70% orang yang jatuh bangkrut kembali ketika menang lotere, artinya Anda bisa saja menjadi bagian dari 30% tersisa yang mampu tetap bertahan dengan kekayaannya dan tidak malah hidup kesusahan di hari tua.

Bambang
Bambang
Seorang penulis yang memiliki passion di bidang investasi, usaha dan keuangan. Bercita-cita tinggi, namun suka menunda. Salam kenal, para investor dan pengusaha se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.