Inilah Beberapa Media Online yang Membahas Investasi di Indonesia

Cara Mendapatkan Income dari TikTok di Tahun 2020 Ala Griyausaha
November 15, 2020
Beberapa Ide Usaha Tanpa Modal Besar (Tidak Perlu Stok Barang)
December 5, 2020

Inilah Beberapa Media Online yang Membahas Investasi di Indonesia

Per Oktober hingga November 2020, Bursa Efek Jakarta memunculkan banyak orang kaya baru yang mendulang profit dari capital gain hasil pembelian sahamnya ketika Covid-19 melanda. Dua bulan terakhir, IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) memang mengalami kenaikan yang luar biasa dimana sejak Oktober-November 2020 ini kenaikan indeks sudah mencapai 14,7% (dari 4.870 mencapai 5.612).

Beberapa orang yang tidak tertarik untuk berinvestasi kini banyak yang rajin menabung saham dan gaya hidup yang sebelumnya boros kini mulai menjadi lebih baik sejak mengenal investasi saham. Tentunya sebagai seorang investor ada beberapa referensi media yang bisa kamu baca untuk menambah pengetahuan kamu terkait ekonomi global ataupun investasi saham.

Sebagai seorang investor ataupun trader, tentunya sudah sangat memahami kalau pasar saham sangat mudah percaya rumor dan terpengaruh berita apapun di luar sana. Jadi bagi kamu yang mengaku investor ada baiknya melihat beberapa referensi media yang membahas saham ataupun investasi di bawah ini.

1. Investing
Situs ini merupakan situs luar negeri yang baru berdiri pada tahun 2007 namun memiliki beberapa versi bahasa, salah satunya adalah Indonesia dimana Investing hadir dengan domain Id.Investing.com. Situs ini sempat diblokir oleh Kemenkominfo, namun belakangan sudah dibuka kembali, alasan pemblokiran saat itu adalah situs ini dianggap sebagai situs investasi yang mereferensikan broker-broker luar negeri sehingga dikhawatirkan banyak investor dalam negeri tertipu dan mengalirkan uangnya ke luar negeri.

Jika diamati, tentunya penilaian tersebut salah karena Investing lebih banyak membahas berita, analisa, grafik dan chart dari Cryptocurrency, Saham, Gold, dan Forex. Situs ini memiliki fitur yang sangat lengkap terkait harga dari berbagai produk derivatif keuangan dan menjadi aplikasi finansial terbaik yang bisa diunduh dalam beberapa tahun terakhir. Alexa Global Page Rank: 197.

2. CNBC
Salah satu kompetitor dari Kontan untuk saat ini adalah CNBC Indonesia (cnbcindonesia.com). Portal online CNBC cukup populer belakangan ini, media ini terafiliasi dengan CNBC Internasional dan merupakan bagian dari media raksasa Indonesia, Detik (CT Corp Media). Tampilannya bisa dikatakan mirip dengan Kontan dan menghadirkan beragam informasi makro ekonomi, pasar modal, perbankan, industri keuangan lain dan komoditas.

Salah satu keunggulan dari CNBC adalah mereka memiliki kanal Youtube yang sudah memiliki 1,19 juta Subscriber. Konten video CNBC Indonesia dapat dinikmati melalui tayangan Transvision lewat ch 805 ataupun via streaming aplikasi CNBC Indonesia dimana aplikasi tersebut dapat diunduh gratis di playstore atau iOS. Alexa Global Page Rank: 630.

3. Kontan
Bisa dikatakan, saat ini Kontan (Kontan.co.id) merupakan situs utama yang membahas perekonomian dan bisnis di Indonesia. Situs ini cukup cepat dalam memberikan informasi terkait perusahaan-perusahaan yang melantai di BEJ. Informasinya cukup lengkap dari berita emiten, harga komoditi, nilai indeks, rekomendasi dari para analis sekuritas dan lain-lain.

Monetisasi dari situs Kontan ini juga sudah sangat beragam dari pemasangan Ads, konten advertorial, langganan berbayar (sistem subsciption), dan juga pemasaran media cetak. Sekilas tentang Kontan, media ini di bawah naungan PT Grahanusa Mediatama yang saat ini dipimpin oleh Lukas Widjaja dan Ardian Taufik Gesuri.

Kontan sendiri bisa jadi salah satu media yang tidak dimiliki oleh salah satu konglomerat di Indonesia jadi berita media ini cukup dikatakan netral dan tidak memiliki keberpihakan terhadap golongan tertentu. Alexa Global Page Rank: 818.

4. Bisnis Indonesia
Sama seperti Kontan, mungkin banyak yang pernah mendengar nama Bisnis Indonesia pertama kali lewat media cetak. Yah Bisnis.com memang merupakan versi online dari harian Bisnis Indonesia. Media ini merupakan milik dari grup media, BIG Media dengan publisher PT Navigator Informasi Sibermedia. Konten yang dihadirkan oleh media bisnis dan investasi rata-rata hampir sama dari situasi bursa, berita korporasi, dan lain-lain. Alexa Global Page Rank: 1.438.

5. IDX.co.id
Situs resmi PT Bursa Efek Indonesia ini memang tidak secara khusus menghadirkan berita emiten, namun situs ini bisa dikatakan perpustakaan online resmi dari semua emiten hingga anggota bursa yang terkait dengan bisnis saham di Bursa Efek. Situs ini juga tidak memiliki banyak ads atau iklan seperti situs lainnya dan memang situs ini tidak melakukan monetisasi dari ads, sifatnya hanya berupa arsip bagi para investor.

Laporan Keuangan terbaru dari setiap emiten di upload per 3 bulan dan bisa kamu cari di sini. Kemudian berita aksi korporasi dari setiap emiten juga ada di portal ini. Situsnya cukup update dan bisa menjadi referensi bagi kamu para investor saham di Indonesia. Alexa Global Page Rank: 22.802.

Sebagai investor ataupun trader di pasar keuangan, kamu harus bisa menambah berbagai ilmu dan informasi sehingga media-media di atas bisa menjadi referensi bagi kamu. Griyausaha juga berharap bisa seperti situs-situs di atas dimana bisa dikenal dan memberikan informasi bermanfaat bagi semua rekan investor di luar sana. Mohon doa dan supportnya yak!!

Bambang
Bambang
Seorang penulis yang memiliki passion di bidang investasi, usaha dan keuangan. Bercita-cita tinggi, namun suka menunda. Salam kenal, para investor dan pengusaha se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.