Berinvestasi Properti di Kota Mandiri

3 Momen atau Waktu Terbaik Untuk Berinvestasi Saham
February 8, 2021

Berinvestasi Properti di Kota Mandiri

Hello guys, khususnya kamu semua yang sedang tertarik untuk memiliki hunian (investasi properti) di kota mandiri, kami tim Griyausaha akan memberikan beberapa ulasan kota mandiri atau yang biasa disebut dengan kota satelit pada ulasan kami ini.

Kota mandiri atau kota satelit memang saat ini menjadi salah satu alternatif kawasan tempat tinggal yang diinginkan oleh mereka yang ingin berinvestasi properti. Selain dekat dengan ibu kota, ketersediaan lahan dan unit tempat tinggal berupa rumah yang cukup besar dan nyaman dengan harga terjangkau merupakan alasan utama mengapa kota mandiri menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Selain itu, properti di kota mandiri disukai investor karena tata ruang yang sudah tertata apik, fasilitas lengkap dan sudah siap digunakan tanpa harus menunggu lama lagi. Para investor pun bisa langsung merasakan manfaat investasinya, belum lagi perkembangannya yang pesat bisa menjadikan nilai properti semakin meningkat setiap tahunnya.

Para pengembang rumah pun melihat peluang dalam merancang hunian nyaman dengan skema yang disesuaikan dengan para pencari properti. Berikut ini adalah beberapa kota satelit di Indonesia (khususnya sekitar DKI dan Jawa Barat):

1.Summarecon Bandung
PT Summarecon Agung, Tbk. mencoba mengembangkan kota mandiri pertama di area Bandung. Lokasi kota mandiri ini ada di area Gedebage, Bandung. Konsep hunian di area ini adalah harmoni sebagai tempat tinggal dengan berbagai fasilitas mulai dari klaster, ruko, area perkantoran, pusat perbelanjaan dan rekreasi. Beberapa fasilitas pendidikan juga ada di sana seperti Pusat Pengembangan Bisnis Teknologi dari ITB (Institut Teknologi Bandung) Innovation Park dan Summarecon Teknopolis. Untuk sekolah, ada juga sekolah Islam, Al Azhar.

2. Alam Sutera
Alam Sutera sudah menjadi kota satelit yang cukup populer selama 1 dekade terakhir, kawasan ini merupakan kawasan terpadu seluas 800 ha yang berada di lokasi Serpong, Tangerang dan dikembangkan oleh developer besar PT Alam Sutera Realty, Tbk.

Pengembangan AlSut (Alam Sutera) ini difokuskan dengan gaya hunian yang hijau dan dinamis. Kota mandiri ini juga terdiri dari area komersial, kawasan industri, pusat perbelanjaan, pusat rekreasi dan juga perhotelan. Beberapa fasilitas yang cukup dikenal adalah Synergy Building, IKEA Alam Sutera, Binus University di Kampus Alam Sutera.

3. Citra Raya
Citra Raya ada di kawasan Cikupa, Panongan, Tangerang, Banten. Proyek ini dikembangkan developer raksasa Indonesia, Ciputra Group. Proyek ini memiliki luas sekitar 2.760 ha dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan menarik. Walaupun di pinggiran kota, namun area ini sudah memiliki pasar modern, city market, auto center, sekolah, rumah ibadah, sport & family club, trans feeder busway dan juga rumah sakt untuk pemenuhan kebutuhan bagi warga di area tersebut.

4. BSD City
Sama seperti Alam Sutera, BSD City terletak di area Serpong, Tangerang. Area BSD City sudah memiliki berbagai fasilitas seperti kawasan perumahan, industri, perkantoran, perdagangan, pariwisata dan kawasan apartemen.

BSD City menggarap area seluas 6.000 ha dan memiliki beberapa pusat perbelanjaan ternama seperti Aeon Mall, BSD Plaza, ITC BSD dan juga fasilitas pendidikan bagus dari Al Azhar, dan juga St Ursula BSD. Saking strategisnya, beberapa perusahaan besar dalam negeri juga meletakkan headquarter (kantor pusat) mereka di area ini.

5. Lippo Village
Karawaci menjadi pilihan pengembang milik keluarga Riyadi, Lippo Group untuk mengembangkan area ini menjadi salah satu kota satelit terpopuler di sekitar Jakarta. Proyek ini sudah dibangun sejak 1992 dan memiliki area sekitar 1.500 ha di wiliayah Karawaci, Tangerang, Banten.

Kawasan ini terbagi menjadi tiga bagian dengan Lippo Village Pusat sebagai pusat kota, Lippo Village Utara sebagai area hunian dan ruko kemudian Lippo Village Barat sebagai akses ke perkampungan sekitar dan juga area hunian. Tentu saja fasilitas di area ini juga cukup lengkap dimana sudah ada Lippo Mal Karawaci, Universitas Pelita Harapan dan Apartemen U Residence.

Nah kalau sudah mengenal beberapa kota satelit di sekitar Jakarta & Bandung, ada baiknya mulai memikirkan apakah area tersebut bisa dipertimbangkan sebagai area hunian bagi Anda yang masih mencari unit rumah tinggal. Jika tertarik, beberapa bank sekarang memiliki berbagai program KPR dengan beragam promo menarik seperti uang muka (Dp) rendah, bunga murah hingga angsuran yang terjangkau.

Sesuaikanlah dengan kemampuan dan kebutuhan Anda seperti apakah desain hunian, harga, lokasi dan kepraktisan transportasi sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Anda.

Bambang
Bambang
Seorang penulis yang memiliki passion di bidang investasi, usaha dan keuangan. Bercita-cita tinggi, namun suka menunda. Salam kenal, para investor dan pengusaha se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *